Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aneka Resep Masakan Gulai Sie Manok Khas Aceh Sumatera Barat

Aneka Resep Masakan Gulai Sie Manok Khas Aceh  -  Tidak Heran makanan yang satu ini sering kita jumpai saat pesta pernikahan, bahkan acara-acar tertentu di aceh, karena masakan gulai sie manok ini memang masakan turun temurun dari nenek moyang, supaya di buat saat hari-hari tertentu. tapi sekarang ini kita juga boleh untuk membuat masakan gulai sie manok khas aceh ini untuk makanan sehari-hari di rumah.

Resep Bahan Gulai Sie Manok :
1 ekor ayam kampung
25 gr uneulheu (kelapa sangrai)
Sedikit minyak untuk menumis
Garam secukupnya

Bumbu :
10 buah cabai merah kering
3 buah bawang
3 siung bawang putih
2 sdm biji ketumbar
1 sdm lada
2 sdm jintan
1 kelingking jahe
1 ruas kunyit
3 butir kemiri
5 butir kapulaga
3 buah kembang lawang
2 batang daun teumeurui (daun kari)
2 batang serai
3 lembar daun salam
2 lembar daun pandan
2 buah perasan jeruk nipis
Aneka Resep Masakan Gulai Sie Manok Khas Aceh Sumatera Barat

Resep Cara membuat masakan gulai sie manok aceh:
1. Sebelum memulai kita harus mencabuti bulunya, dan cuci dengan air bersih. kemudian, pangganglah di atas api sedang. Kemudian potong-potong ayam sesuai selera, sisihkan.
2. Lalu Haluskan cabai kering yang telah direndam tadi dan, haluskan juga bawang merah, bawang putih, ketumbar, lada, jintan, jahe, kunyit dan kemiri.
3. Tumislah satu buah rajangan bawang merah, kapulaga, kembang lawang, daun teumurui, serai, daun salam, dan daun sampai harum, masukkanlah potongan ayam dan bumbu halus secara bersaamaan. lalu Beri perasan jeruk nipis. Jika bumbunya sudah mulai menggelembung, masukkan air setengah wajan, lalu masukkan garam, aduk-aduk.
4. Masak sampai matang, dengan ditandai dengan kuahnya yang mendidih dan daging empuk, angkat dan siap untuk anda sajikan.